KKN Reguler periode 51 STPMD “APMD”

KKN periode 51 dilakukan bekerjasama dengan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengusung tema“ Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Lokasi pelaksanaan KKN adalah Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul.Waktu pelaksanaan KKN adalah  50 hari yang akan dimulai tanggal 19 Juli sampai 6 Setember 2018, dan dikuti oleh 173 mahasiswa dari program studi Ilmu Sosiatri, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi. Sebelum diterjunkan ke lokasi mahasiswa diwajibkan mengikuti pembekalan dikampus selama seminggu. Pembekalan yang diberikan meliputi penjelasan tentang pelaksanaan KKN, tentang Kebijakan pembangunan di Kecamatan Semanu, tentang potensi dan masalah pembangunan desa Dadapayu, tentang kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembuatan rumah data, tentang fasilitasi, pengorganisasian masyarakat dan pengembangan jaringan, tentang pengembangan potensi lokal untuk kesejahteraan keluarga, tentang pemetaan isu dan masalah dalam perencanaan program KKN. Para narasumber yang dihadirkan dalam pembekalan tersebut disamping camat Semanu, kepaladesa Dadapayu, Dosen2 STPMD, juga Kepala Perwakilan BKKBN DIY,  Drs. Bambang Marsudi, MM dan Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Pusat, Prof. Drh. Rizal Damanik M.Rep.Sc, PhD. Pembekalan diakhiri oleh DPL dengan materi pengarahan observasi. Setelah pembekalan mahasiswa juga wajib mengikuti general test untuk mengevaluasi pemahaman dan kesiapan mahasiswa melaksanakan KKN.

Penerjunan KKN regular periode 51 STPMD “APMD” Yogyakarta

Pada hari kamis, tanggal 19 Juli 2018, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) melepas 173 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul. KKN kali ini bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN DIY dengan mengambil tema “Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), dengan target utama pembuatan rumah data di kampung KB. Upacara pelepasan dilakukan di depan Hall STPMD “APMD” dandi pimpin oleh Kepala P3M STPMD “APMD” Dra. Widat, lic.rer.reg.

Serah Terima Mahasiswa peserta KKN di Balai Desa Dadapayu

Pukul 10.00, hari kamis, 19 Juli 2018 acara serah terima mahasiswa peserta KKN STPMD “APMD” Yogyakarta dilakukan di Balai Desa Dadapayu. Hadir pada acara tersebut Pimpinan STPMD “APMD”, Perwakilan BKKBN DIY, Camat, Polsek dan Koramil kecamatan semanu, dukuh-dukuh dan perangkat desa dadapayu. Acara dimulai dengan pembukaan dan doa bersama, sambutan selamat datang dari perangkat desa Dadapayu, penyerahan peserta KKN kepada kepala desa oleh ketua STPMD dan kemudian di terima oleh Kasi Pemerintahan desa Dadapayu. Acara diakhiri sambutan-sambutan dari Perwakilan BKKBN DIY dan Sekretaris Camat Semanu.

Share If You Like !