Seminar Internal Program Studi Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial Kesiapan Generasi Muda Menghadapi Tantangan Zaman 18 Mei 2017

Seminar ini merupakan kegiatan rutin tahunan (setahun sekali) yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Sosiatri/ Pembangunan Sosial dalam rangka memberikan wawasan ,khususnya, kepada mahasiswa tentang berbagai fenomena yang actual dan krusial dalam masyarakat. Tahun ini Prodi Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial mengambil tema “Kesiapan Generasi Muda Menghadapi Tantangan Zaman”. Tema ini dianggap penting karena mengingat permasalahan-permasalahan generasi muda yang semakin membutuhkan perhatian dari berbagai pihak.

Dari aspek sosial budaya, nampak bahwa kaum muda cenderung makin mengidolakan dan mempraktekkan budaya asing dan meninggalkan bahkan mencampakkan budaya luhur yang adiluhung. Dari aspek iptek, banyak kaum muda sekarang begitu mengagungkan gawai dan internet, bahkan menelan mentah-mentah postingan yang masuk tanpa filter dan nalar yang jernih yang pada gilirannya mengejawantah pola pikir, rasa dan perilaku yang tidak pas dengan situasi, kondisi dan ajaran serta warisan bangsa yang agung. Dari aspek ekonomi pola hidup hedonis, konsumeristis makin menjiwai kalangan kaum muda. Bahkan tidak jarang kaum muda terjerumus dalam narkoba, seks bebas dan sejenisnya.

Mahasiswa sebagai calon  penerus dan pengelola bangsa dan negara perlu disiapkan seawal dan sebaik mungkin menghadapi tantangan zaman. Perubahan social, ekonomi dan politik serta iptek yang begitu cepat haruslah dibarengi dengan ketajaman dan kejernihan oleh pikir dan rasa serta dibarengi dengan ketrampilan yang memadai.

Seminar internal kali ini melibatkan pembicara Drs. Suprapto ,S.U dari Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Gadjah Mada, F Pranawa, SH  dari Lembaga Perlindungan Anak Yogyakarta, dan Dra. MC. Candra Rusmala D, M.Si dari prodi Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial STPMD “APMD”.

Share If You Like !