KULIAH LAPANGAN MENGENALI POTENSI DESA

Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD “APMD”, pada Semester Genap 2017 – 2018 menyelenggarakan kuliah lapangan yang diikuti oleh 54 peserta. Kuliah lapangan tersebut mengambil tema: “Meningkatkan Wawasan Mahasiswa di bidang Industri Rumah Tangga”

Tujuan Kuliah Lapangan ini ialah untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang kewirausahaan, serta untuk menumbuhkan inspirasi mahasiswa dalam pemanfaatan potensi lokal yang mampu menyerap tenaga kerja sekaligus menambah penghasilan masyarakat. Para mahasiswa diajak untuk mengunjungi pengrajin serat alam “Rumput Aji “ di Desa Tanjungharjo Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Selain itu mahasiswa juga mengunjungi pengrajin sapu dari sabut kelapa di Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.

Dengan mengikuti kuliah lapangan, mahasiswa dapat mengetahui bahwa potensi yang ada di sekitar kita, yang  semula terabaikan, ternyata dapat dimanfaatkan menjadi produk yang laku dijual. Tidak banyak orang berinisiatif memanfaatkan potensi alam, seperti rosela, batang pisang, enceng gondok dan raffia yang dapat dipintal dan akhirnya digunakan sebagai bahan dasar keranjang, lampion, kursi, dll. Sabut kelapa juga dapat diproses menjadi keset, sapu, tampar dan matrial.

Kedua lokasi yang dikunjungi tersebut mampu menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitarnya yang dengan demikian ikut mengurangi pengangguran di desa.

Pada waktu kunjungan, mahasiswa sempat terlibat dalam proses pembuatan sapu dan menganyam keset, sehingga menambah keterampilan mahasiswa. Dengan berbekal pengalaman ini diharapkan mahasiswa akan dapat memanfaatkan potensi lokal di daerahnya masing-masing dalam rangka memajukan desanya.

Share If You Like !