Internasional Conference on Advance Government and Political Sciences (ICAGPS 2019)

Ilmu Politik dan Pemerintahan adalah salah satu ilmu yang perkembangannya sangat cepat, hal itu karena pada prakteknya di lapangan baik di Indonesia maupun negara lain, selalu ada hal-hal baru di luar teori yang telah ada. Karena itu para akademisi dan ilmuwan di kampus harus mampu mengikuti perkembangan Ilmu Politik dan Pemerintahan pada praktek di pemerintahan dan kenegaraan.

Dalam bidang pemerintahan ditandai dengan merosotnya moralitas elite politik, hal ini terindikasi dengan penangkapan Kepala daerah dan elite politik karena kasus penyalahgunaan kekuasaan dan kewenangan. Tindak pidana korupsi Kepala daerah dari tahun ke tahun semakin tinggi bersamaan dengan diselenggarakan Pemilu dan Pilkada serentak. Pesta demokrasi lima tahunan diwarnai dengan sarat tindakan politik uang. Hal ini menyebabkan beban berat bagi elite politik yang mengikuti kontestasi baik dalam Pemilu maupun Pilkada.

STPMD “APMD” Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang konsen pada berbagai permasalahan di lingkungan  sosial masyarakat secara khusus pada lingkup masyarakat desa. Selain itu kampus ini juga mempunyai perhatian pada perkembangan ilmu politik dan pemerintahan terutama pada perkembangan dan praktek di era otonomi daerah.

Panitia Internasional  Conference on Advance Government and Political Sciences (ICAGPS 2019) dari Program Studi Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) “APMD” Yogyakarta akan menggelar acara tersebut pada 25 dan 26 Oktober 2019 di Ruang M. Soetopo Kampus “APMD” Jalan Timoho 317 Yogyakarta. Konferensi internasional yang akan dihadiri 77 orang dari tujuh negara (Indonesia, Australia, Malaysia, Korea, China, Iran, Philippina, dan Perancis) tersebut, juga akan ada partisipasi dari kalangan mahasiswa.

Mereka yang menjadi pembicara antara lain; Dr. Sutoro Eko Yunanto (Ketua STPMD “APMD” Yogyakarta), Profesor Jemal Abawajy Ph.D (Deakin University, Australia), Profesor Ahmad Othman Ph.D (Universiti Teknologi Malaysia), Profesor Tai-Hoon Kim Ph.D (Women Sungshin University, Korea), Profesor Purwo Santoso Ph.D (Universitas Gadjah Mada, Indonesia), Profesor Tutut Herawan Ph.D (Coaching Clinic International Journal), RR Leslie R. Angeningsih Ph.D ( dosen STPMD “APMD”).

ICAGPS 2019 didedikasikan untuk mewujudkan pemerintah yang kuat, sehat, benar dan merakyat (governability). Oleh karena itu ACAGPS 2019 menjadi fasilitator bagi para ilmuwan politik/pemerintahan/sosial di Indonesia untuk menyemai pemikiran atau hasil riset yang akan disosialisasikan kepada pemangku kepentingan dalam pengambilan kebijakan.

Share If You Like !