FIELD STUDY MAHASISWA PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU PEMERINTAHAN, ANGKATAN 19 KE KABUPATEN SRAGEN

Pada tanggal 20 April 2018 telah diselenggarakan Field Study, ke Kabupaten Sragen dengan tema: Tata Kelola Pemerintahan Kabupaten Sragen. Acara ini diikuti oleh tiga puluh tiga  mahasiswa PS-MIP, angkatan 19, dan dua dosen pendamping: Dr. R. Widodo Triputro dan Dr. E.W. Tri Nugroho.

Tujuan Field Study ini adalah: memberi pemahaman dan ketrampilan serta menanamkan pengalaman-pengalaman konkret bagi mahasiswa/i tentang tata kelola Pemerintahan Daerah. Metode Field Study dipilih agar mahasiswa/i  dapat: 1) melakukan pengamatan secara langsung terhadap pelayanan yang dilakukan Pemerintah Daerah dan 2) memadukan pengalaman konkret lapangan dan teori yang diperoleh di kampus. Selain itu Field Study juga memuat unsur rekreatif agar mahasiswa memperoleh penyegaran yang berguna untuk mendukung study selanjutnya.

Para mahasiswa dibagi menjadi 5 kelompok untuk memperdalam sub-tema: 1) Pelaksanaan Reformasi  Birokrasi; 2) Pelaksanaan Pelayanan Publik; 3) Pelaksanaan Sistem Informasi; 4) Pemberdayaan Petani; dan 5) Pemberdayaan UMKM. Caranya: berkunjung dan wawancara dengan OPD-OPD terkait.

Para mahasiswa mengikuti acara ini dengan penuh semangat dan gembira. Data dan pengalaman yang diperoleh kemudian diolah, dipresentasikan, diuji dalam mata kuliah Kapita Selekta Pemerintahan Daerah dan Kepemerintahan Desa. Setelah diuji dan disempurnakan, seluruh materi diedit menjadi sebuah proceeding (PS-MIP/Nug)

Share If You Like !